Produk dalam artian sederhana adalah segala sesuatu ( meliputi objek fisik , kasa ,tempat , organisasi , gagasan ataupun pribadi ) yang dapat atau mampu ditawarkan produsen untuk diminta, dicari , dibeli , digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan dan keinginannya.
Prosedur 6 tahap dalam penetapan harga adalah :
1. Memilih tujuan penetapan harga
2. Menentukan permintaan
3. Memperkirakan biaya
4. Menganalisa harga dan penawaran pesaing
5. Memilih metode penetapan pesaing
6. Memilih harga akhir
Konsep tingkatan produk adalah pemahaman produsen sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Rancangan produk total meliputi 5 tingkatan, masing-masing tingkatan produk pada hakekatnya mencerminkan tingkatan kebutuhan konsumen.
1. Produk Utama ( Core Benefit ) : Manfaat sebenarnya dibutuhkan dan akan dikonsumsikan oleh pembeli dari setiap produk.
2. Produk Generik ( Generic Product ) : Produk pasar yang mampu memenuhi secara fungsional ( minimal agar berfungsi ) produk .
3. Produk Harapan ( Expected Product ) : Produk formal yang ditawarkan dengan berbagai atribut dan kondisinya yang secar formal (layak) diharapkan dan disepakati dibeli.
4. Produk Pelengkap (Augmented Product) : berbagai atribut produk yang dilengkapi atau ditambahkan berbagai manfaat sehingga memberikan tambahan kepuasan dan mampu dibedakan dengan produk pesaing.
5. Produk Potensial ( Potential Product) : kondisi produk yang mempunyai peluang dan dipersiapkan untuk dikembangkan dimasa depan.
Klasifikasi Produk
Produsen melakukan klasifikasi untuk memperoleh kelompok produk yang berprilaku seragam atau hampir seragam. Klasifikasi yang paling umum dilakukan adalah membedakan berdsarkan Siapa konsumennya dan Untuk apa produk tersebut dikonsumsi.
Siklus Kehidupan Produk
Siklus kehidupan produk ( Product Life Cycle ) adalah tahap-tahap perkembangan penjualan (historis) atau permintaan produk yang mempunyai pola,karakter dan pengulangan tahap perkembangan tertentu. Dimulai dari tahap pengambangan dan penelitian (research and development) , perkenalan ( introduction ) , pertumbuhan ( growth ) , kematangan ( matured) , sampai pada tahap kemunduran ( decline).
( Sumber ; Buku Manajemen Pemasaran Sekolah tinggi ilmu administrasi manajemen indonesia , Teguh Budiarto , Dasar Pemasaran Gunadarma )
Selasa, 10 November 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar